DREAMMAKER : TENTUKAN PILIHAN MU, WAHAI ANAK MUDA!

Image

“Generasi muda  itu selalu punya pilihan, mau jadi Ayam Broiler atau Ayam Kampung?”.

 

Apa yang terbayang jika mendengar kata “Pemuda”? Segar, aktif, berani, selalu ingin tahu, selalu ingin melakukan sesuatu, dan sederetan panjang alasan alasan mengapa harus bangga menjadi pemuda.  Sudahkah kamu bangga selama menjadi seorang pemuda atau pemudi?

Seringkali pertanyaan ini susah dijawab atau malah terlalu enteng untuk dijawab. “aku bangga banget jadi pemuda yang bergadget paling mutakhir abad ini dan bisa menenteng tas Furla paling mahal saat ini” atau “aku bangga jadi pemuda yang biasa-biasa saja dengan harapan yang sedang sedang saja jadi hidup kami aman aman saja”.

Entah zaman yang sudah terlalu barbar untuk mencekoki  naluri konsumtif  dan pasrah ke tiap bibit bibit muda atau mungkin Alien pernah tidak sengaja mampir dan menyelipkan chip ke tiap apa yang kita makan agar selalu lapar akan barang-barang mahal dan lupa untuk berkembang. Entahlah .

Saya pernah berfikir,  ini seperti kematian era pemuda berani dan bebas bergerak sampai saya ada di acara Dream Maker dan bertemu pemuda pemuda yang mungkin lupa diracuni oleh Alien. Dream Maker sendiri adalah acara yang digelar di  Aula BKKBN, Banda Aceh  pada tanggal 16-17 Maret 2013. Para pemuda yang lulus seleksi berasal dari 8 daerah di Aceh mendapat kesempatan belajar banyak hal disini. Mulai dari belajar mensyukuri apa yang dimiliki dan jangan pernah menyerah dengan hidup lewat River Of Life. Lalu bagaimana merealisasikan project dalam Project Management,  dimana apa yang ingin dikerjakan dalam hidup jangan hanya berakhir dalam pikiran atau kertas coret moret,  tapi itu semua harus menjadi nyata.  Selain itu, sebagai anak muda yang hidup di era “Trust Google makes you cool” , cara menggunakan social media dengan baik juga dibagikan di Using Social Media for Social Good. Di Using social media for social good, kita jadi tahu etika dalam berkehidupan di dunia maya. Dan sebenarnya banyak orang yang menjadi jutawan Cuma gara gara main twitter, setiap update-an nya dikumpulin jadi buku, terus menghasilkan duit deh.

Yang jadi klimaks paling top di acara Dream Maker ini adalah pelatihan menulis.  Banyak yang bilang menulis itu susah, dan ternyata tidak. Sebenarnya sugesti kepala kita saja yang bilang kalau menulis itu susah, padahal kalau dikerjakan dan berani buat mulai menulis, mungkin apa yang kamu tulis bisa lebih tebal daripada kamus bahasa Indonesia. Disini para peserta tidak hanya dimotivasi agar mau menulis, tapi juga diberi kesempatan agar berkembang lewat tulisannya. Bagaimana caranya? Berani kirim tulisan ke koran atau majalah, dengan begitu karakter tulisan terbentuk dan bonusnya duit jajan nambah.

 

Ketika saya melihat banyak orang muda bersemangat dan percaya dengan mimpi mereka bahkan dalam keadaan tersulit sekalipun, itu benar benar tamparan terkuat. Bayangkan, selama ini kalau gagal sedikit,  terus kita malas buat bangun lagi dan memilih hidup dalam trauma berkepanjangan. Dan itu buruk sekali.  Seorang teman pernah mengatakan pada saya, “ikuti filosofi bambu cina, dimana bambu itu akan menguatkan kakinya selama bertahun tahun lalu menujulang tinggi lagi kokoh”.

 

Masih berfikir untuk menyerah dalam kepasrahan?

Ibaratkan saja kamu adalah  Ayam.  Ayam diciptakan Tuhan untuk akhirnya berakhir di penggorengan atau kuali ibu dirumah tapi beberapa dari  mereka tidak pasrah dalam menjalani hidup. Lihat saja  ayam kampung  yang tidak pernah diam. Mereka tetap menjadi ayam lincah yang selalu aktif dan pergi kemana pun mereka suka, menemukan hal – hal baru dalam dunia ini, walaupun ayam ayam itu tahu akan menjadi pelengkap lauk pada akhirnya. Berbeda dengan Ayam Broiler, mereka ayam ayam “manis” dengan sikap penurut. Mereka pasrah pada takdirnya dan memilih berkotek merdu dalam kandang dan tidak mau tahu dengan dunia karena yang mereka tahu,  suatu saat juga akan disembelih.

Nah, sekarang pilihan ada di kamu para generasi muda, mau jadi Ayam kampung atau Ayam Broiler? Semoga menjadi pilihan yang tepat J

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s